Welcome To My Blog SMPN 14 Malang My Name is Ilham Faqih Nugraha

Rabu, 13 Januari 2016

SENI ANYAMAN Materi Seni budaya

Macam, Jenis, Teknik, dan Produk Anyaman

Macam-Macam Anyaman
a. Anyaman Mengkuang, terbuat dari daun mengkuang, contoh: tikar, tudung saji, dan lain-lain.

b. Anyaman Pandan, terbuat dari daun pandan duri, contoh: tikar sembahyang, hiasan dinding.
c. Anyaman Buluh, terbuat dari jenis-jenis buluh yang sesuai, contoh: bakul untuk bekas pakaian, nyiru, beg dan lain-lain.
d. Anyaman Rotan, terbuat dari rotan yang telah diproses, contoh: bakul untuk bekas pakaian, tempat buaian anak dan lain-lain.
e. Anyaman Lidi, terbuat dari lidi kelapa, contoh: lekar.
f. Anyaman Ribu-ribu, terbuat dari tanaman paku pakis ribu-ribu, contoh: tempat tembakau, bakul, dan lain-lain.




Jenis-Jenis Anyaman
Dilihat dari ciri-ciri fisiknya, pada umumnya anyaman terbagi ke dalam tiga jenis, yaitu sebagai berikut:
1. Anyaman Datar



Jenis anyaman ini dibuat datar pipih dan lebar. Anyaman datar biasanya digunakan sebagai bilik rumah tradisional, tikar, pembatas ruangan dan barang-barang hias lainnya. Anyaman datar dapat dibentuk dengan berbagai pola dan bentuk. Tentu, pembentukan pola ini membutuhkan ekstra kelihaian tangan dan kecermatan dalam membentuk pola dan alur anyaman.

2. Anyaman Tiga Dimensi

Anyaman tiga demensi berwujud benda tiga dimensi sebuah produk benda kerajinan. Ayaman ini merupakan pengembangan bentuk dari anyaman tradisional yang memiliki bentuk sederhana tetapi sudah lebih dikembangkan dan ditekankan pada nilai seni dan fungsionalitasnya yang lebih tinggi. Misalnya, tas, kursi, tempat wadah-wadah, dan lampu lampion.

3. Macrame

Makrame seni simpul menyimpul bahan hanya dengan keahlian tangan dengan bantuan alat pengait yang fungsi sama dengan jarum. Dalam seni makrame seni simpul menyimpul merupakan teknik utama untuk menciptakan sebuah sambungan dalam sebuah karya kerajinan .Beberapa hasil kerajinan makrame yang menggunakan teknik makrame seperti taplak meja, keset kaki, mantel baju, dan souvenir






Teknik-Teknik Anyaman

Anyaman tunggal
Teknik anyaman tunggal adalah teknik di mana bambu dianyam satu-satu (secara tunggal). Caranya, bambu dianyam selangkah demi selagkah, satu demi satu dengan memasukkannya secara menyilang. Teknik ini digunakan untuk membuat benda-benda seperti saringan, nampan, cerangka, dan lain-lain.




Anyaman bilik
Teknik anyaman bilik ini disebut juga teknik menganyam dua-dua. Bambu dianyam dengan teknik menyilang secara berurutan dan bersamaan. Caranya, bambu dianyam menyilang secara bergantian dari kiri dan dari kanan. Teknik menganyam seperti ini biasanya digunakan buat membuat bilik dan nyiru.




Anyaman teratai
Teknik anyaman teratai merupakan teknik menganyam bambu nan tergolong sulit. Teknik ini akan menghasilkan bentuk anyaman bambu nan artistik dan indah. Caranya, bambu dibuat seperti kotak-kotak menyerupai kembang teratai dan dibuat blok-blok di berbagai sisi. Teknik menganyam ini biasanya diterapkan buat membuat bilik. Ini bertujuan agar bilik tampak lebih latif dan artistik.



Anyaman bunga cengkih
Teknik ini juga tergolong sulit sepeti teknik menganyam teratai. Anyaman nan dihasilkan akan membentuk pola memanjang nan menyerupai kembang cengkih. Teknik anyaman seperti ini biasanya dijumpai pada kipas, tolok, sangku, atau benda anyaman lainnya.





Anyaman tiga sumbu 
Teknik ini sama seperti teknik anyaman bilik, hanya saja perlu diingat bahwa benda pipih, yaitu pakan dan lusi yang akan dianyam tersusun menurut tiga arah. Teknikanyaman ini memberi peluang untuk memperoleh hasil anyaman tiga sumbu jarangdan anyaman tiga sumbu rapat, sedangkan anyaman tiga sumbu rapat dengan pola bentuk heksagonal (segi enam beraturan) atau belah ketupat.





Anyaman empat sumbu 

Teknik anyaman ini berprinsip menyisip dan menumpangkan benda pipih yaitu pakan dan lusi secara satu sama lainnya berbeda arah. Hanya saja benda pipih yang berbeda arah disini makin banyak jumlahnya (empat buah sumbu).Jenis anyaman empat sumbu termasuk jenis anyaman yang berlubang-lubang dengan bentuk pola oktogonal (segi delapan beraturan).





Produk-Produk Anyaman



Perkembangan ide kreatif yang didorong oleh semakin beragamnya kebutuhan, para pengrajin melakukan berbagai inovasi dalam produk anyamannya. Berikut ini beberapa jenis produk dari perkembangan produk anyaman.
1. Lampion
Anyaman lampion merupakan seni anyaman tiga dimensi dan termasuk anyaman buluh (bamboo atau aur). Bulu merupakan salah satu jenis spesies rumput, seperti ilalang, dan jagung.
2. Kata
Kata merupakan keranjang yang dianyam dari daun kelapa yang dilengkapi dengan tali pikulan untuk digunakan untuk membawa hasil ladang. Kata ini merupakan seni anyaman tiga dimensi terapan. Kata terdiri atas beberapa jenis antara lain kata mapa, kata kowe, dan kata manu.
3. Tikar
Tikar merupakan anyaman yang paling banyak ditemui dan dianyam dengan menggunakan daun lontar atau daun pandan. Penggunaannya sebagai alat tidur dan tikar yang berukuran besar digunakan untuk menjemur padi. Selain itu, tikar juga digunakan sebagai alas tempat duduk bagi tamu.
4. Pembatas dinding
Pembatas dinding merupakan jenis anyaman datar yang terdiri atas pola anyaman berasal dari bambu yang telah dipipihkan.
                                   SEKIAN DAN TERIMAKASIH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

your comment

Comment Box is loading comments...